[Untuk informasi lengkap pendaftaran BEE 2009, silahkan klik www.nusantarachallenge.com ]
Rekan2 pecinta offroad dan peserta BEE 2009 khususnya,
Hari ini merupakan hari ke-28 perjalanan tim survey BEE 2009, sejak keberangkatan tgl 10 Oktober 2009.
Posisi kendaraan saat laporan ini ditulis (minggu, 8 November2009) Tim sedang memasuki Puruk Cahu, Kalimantan Tengah menuju Balikpapan, Kalimantan Timur.
Sampai dengan saat ini cuaca masih panas dan kering, namun diperkirakan, bulan Desember sudah akan masuk musim hujan.
Selama perjalanan, kerusakan yang dialami Tim Survey adalah:
Taft GT
Knuckle bearing kiri kanan,aus karena getar2 dipaksa terus jalan di tanah gravel
long tierod bengkok kena kayu
radiator mampet
Spion kiri kanan jatuh tiga kali
Bodi peyot
Catatan:
Taft GT ini merupakan car leader, sehingga mendapat tantangan terbesar karena berada didepan harus membuka jalan ...
Taft Hiline
Tidak ada kerusakan yg material
Toyota
Radiator mampet
Penyeberangan Sungai
Perjalanan di Kalimantan pasti akan banyak menemui sungai untuk diseberangi. Masalah utama adalah tidak semua sungai tersebut ada jembatan untuk diseberangi. Akan ada banyak sungai untuk diseberangi ...
Saya sempat menanyakan apakah kita akan mengalami menyeberang sungai lebar dengan teknik seperti saat di DCI 2004 Sumatera, dimana panitia harus membuat perahu ponton sendiri dari kayu dan drum plastik untuk menyeberanginya?
Pak Syamsir bilang nyaris saja, untung ada solusi dgn menggunakan perahu penduduk untuk melewatinya, dimana kendaraan akan diseberangkan diatas 2 perahu yg diikat. Dimana proses penyeberangan butuh waktu sekitar 30 menit/kendaraan.
Adapun daftar sementara sungai2 yang akan diseberangi dengan teknik tersebut dan biayanya adalah sebagai berikut (ini dikalteng): Sungai Mahub biaya penyeberangan per mobil Rp 250 ribu, Sungai Tumbang Tambang Rp 50 ribu, Sungai (Sei) Hanyu Rp 50 ribu, Sungai Tumbang Lahub Rp 300 ribu. Jadi jangan sampai lupa bawa uang tunai dalam perjalanan ini.
Route & Rencana Pak Syamsir
Rupanya Pak Syamsir baca postingan saya dimilis, dan koreksi tulisan saya yg menyatakan bhw pak syamsir akan langsung ke pontianak setiba di balikpapan baru ke jakarta untuk press conference dan briefing peserta. Rencana yg benar adalah, setiba di Balikpapan, beliau akan langsung ke Jakarta u/ press conf dan briefing, setelah itu kembali ke Balikpapan untuk offroad lagi ke Pontianak untuk menetapkan dan mempersiapkan route final-nya. Luar biasa kerjanya pak syamsir ini .... Kelihatannya Pak Syamsir kali ini jauuuh lebih serius dari pada DCI 2005 Kalimantan yg menurut saya memang waktu itu track-nya belum optimal sekali ... Karena survey hanya 2 X 1 Minggu .....
Mendengar keseriusan Pak Syamsir ini, saya semakin semangat dan yakin bhw trip kali ini akan memberikan pengalaman dan kenangan yang tidak bisa diulang dua kali, soalnya siapa dan kapan akan ada lagi yg mau dan bisa membuat event seperti ini?!!! Rasanya hati ini semakin tidak sabar menunggu tanggal 6 Desember tiba ... ha5x ....
Pokoknya, akan sangat menyesal sekali bagi siapapun yang tidak sempat atau tidak bisa ikutan event ini. Karena sejak awal saja, sebenarnya ini sudah maju mundur, mengingat terbatasnya dana yang ada untuk membiayai kegiatan ini. Kalau sampai kegiatan ini jadi jalan, jangan di-sia2kan,besok2 belum tentu ada lagi lho ...
Btw, jangan lupa kendaraan dikirim via Pelabuhan Tanjung Priok Tgl 28 November 2009, biaya ekspedisi PP Rp 8 juta, asuransi 0,25% dari nilai pertanggungan yg diminta peserta.
Itu saja berita terakhir dari Pak Syamsir ... Sampai berita selanjutnya .... Jangan lupa, mohon bantuan forward ke milis lain yang saya tidak ikutan ya ... Thanks ...
Salam Offroad ..... Goo .....!!!
Ossy
Peserta No.1 BEE 2009
dikutip dari : facebook