KPPN BOJONEGORO, JUNGLE FUN BIKE














Jungle fun bike (JFB) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Bojonegoro, Perhutani KPH Parengan dan JTV ini diikuti oleh club / community sepeda sebagian kabupaten di Jawa Timur dan beberapa dari Jawa Tengah.

Kami dari KPPN Bojonegoro terdiri empat orang juga tidak ketinggalan mengikuti JFB tanggal 08/02/09 di kecamatan Malo Bojonegoro. Tanggal 07/02/09 pukul 17.00 kami berangkat ke lokasi (desa Tanggir, Malo) yang berjarak sekitar 20km dari kota Bojonegoro. Perkiraan penulis lokasi start dan finish di tengah hutan, sehingga penulis tertarik membawa seluruh kebutuhan / perlengkapan untuk berkemah. Antara lain tenda, karpet, bantal, raket nyamuk, radio komunikasi (RAPI), tripod, kamera, lampu senter, kompor gas portable, air minum satu galon. Tidak lupa membawa arang, jagung muda dan ketela (makanan malam standar penyelenggara outbound, misal www.baungcamp.com) untuk dibakar di lokasi hutan. Asyiik khan ???

Ternyata lokasi start / finish tidak di tengah hutan, tapi di perkampungan (halaman kantor RPH Kampak), sehingga tidak menarik untuk digunakan berkemah, yang sebenarnya penyelenggara sudah menyediakan lahan / tempat untuk menginap. Akhirnya penulis sekeluarga (berempat) ikut gabung menginap di rumah keluarga mas Sutaji (sekarang di KPPN Tual) yang sebelumnya telah diboking oleh mas Agus, Gamal dan Kirno.

JFB dimulai sekitar pukul 06.00 wib, hujan gerimis terus mengiringi selama perjalanan. Tiga kilometer pertama yang melalui jalan aspal datar, kemudian masuk hutan dengan jalan yang mulai menanjak sepanjang dua-tiga kilometer yang memaksa semua peserta harus jalan kaki.

Lutut terasa panas, napas terengah-engah, tenggorokan kering yang mengingatkan kami (KPPN Bojonegoro) yang beberapa tahun lalu mendaki gunung Ijen-Bondowoso, mengantarkan boyongan pak Abdul Jamil ke Bondowoso (sekarang kepala KPPN……………) BERSAMBUNG KE POSTING BERIKUTNYA (BOJONEGORO WISATA PETUALANGAN)